Uncategorized

Jurnal ke 8: Bekal untuk My Lovely Buddy, mba Uty

Dear my lovely buddy mba Uty, qodarulloh mind mapnya sama banget sama saya, banyak perintilannya yang harus semua beres agar bisa bahagia, semoga keinginanmu untuk fokus di manajemen emosi, manajemen waktu dan portofolio anak, plus ide bermain anak bisa tercapai ya untuk dua buah hatimu.

Terimakasih ya untuk surat cintanya.

Memasuki kelas kepompong kusiapkan bekal untuk refleksi diri dalam rangka mengejar fokus-fokusmu.

1. Manajemen Emosi

Seperti kata mba Okina Fitriany, emosi iyu bermanfaat, tapi berbahaya jika tidak dikelola dengan baik. Semoga setelah mengikuti serial mengelola emosi dari mba okinaf mba uty dan saya juga bisa berdamai dan bijak ketika merespon emosi negatif. Mba okinaf ini seorang couch dan psikolog juga.

Mengelola Emosi

2. Berdamai dengan Sibling Rivalry

Seperti yang sudah saya ceritakan, anak-anak sayapun masih menunjukan gejala sibling rivalry ini, yuk kita belajar sama-sama, masih dari tulisan mba okinaf.

Dealing With Sibling Rivalry

3. Melatih Anak Tidur Sendiri

Di mind mapmu agar anak-anak bahagia ada poin tidur siang, iya juga sih ya, insyaAlloh anak-anak akan lebih bahagia dan sehat jika bisa tidur siang, waah sekali lagi saya jadi ikut belajar, ternyata ada loh caranya untuk melatih anak tidur sendiri. Yuk kita belajar sama-sama dari tulisan mba okinaf ini.

Melatih Anak Tidur Sendiri Tanpa Frustrasi

4. Manajemen Waktu

Ada berbagaimacam metode manajemen waktu, bisa dipilih mana yang cocok untuk kita. Saya pernah membaca Tulisan mba Okinaf kalau tidak salah (saya coba cari yulisannya belum ketemu) sebenarnya bukan waktu yang hatus di menej, tapi diri kita, karena waktu uang diberikan kepada kita itu sama yaitu sehari 24 jam dan seminggu 7 hari. Dibawah ini adalah link tulisan tentang manajemen waktu dalam islam dari rumaysa.com, ini juga saya dapat dari hadiah dari mba Nona, temen di regional Bekasi pada minggu lalu. so sweet banget ya saling memberi hadiah itu. Ohiya langsung aja ke link nya ya.

Kiat Manajemen Waktu (1)

5. Ide Bermain dengan Anak

Saya lihat mba uty sudah follow @famliakreativa, ini ada satu akun instagram dan ada juga aplikasinya yg bisa kita instal, ananda mba uty kan 2 tahun dan 5 tahun, nah bisa tuh dimasukan umur anak kita jadi nanti akan keluar berbagai macam ide permainan sesuai umur anak kita. Saya sudah menginstal ini sejak kelas bundayang, Silahkan dicoba.

http://www.instagram.com/chaisplay

6. Portofolio Anak

Saya baru ngeh dan nggak setres bagaimana membuat portofolio anak saat mendengarkan dongeng dari mak Ika di kelas. Saya memaknai portofolio anak ini adalah milestone atau pencapaian anak dalam setiap proses belajarnya. Saya ingin ngedrop link dongeng mak Ika disini, dan ini ada juga tulisan yang bagus sekali dari mba Okinaf tentang mendesain kurikulum kemahiran dan adab anak.

Mendisain Kurikulum Kemahiran dan Adab Anak

Mungkin ini yang bisa saya siapkan untukmu memasuki tahap kepompong ya my lovely buddy, semoga jadi kepompong yang utuh sempurna dan nanti jadi kupu-kupu cantik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s